Telp / SMS : 085260826149 / WhatsApp : 085260826149 muchsin.alichsan@gmail.com Jam Kerja : KAM 08.00 - 16.30 WIB :

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara Agar Aman Dan Nyaman

Keselamatan berkendara menjadi hal yang sangat penting, apalagi sekarang semakin banyak kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, mulai dari mengantuk, mengemudi dalam keadaan mabuk, hingga lalai dalam mengemudi. Kesadaran masyarakat dan pemahaman tentang keselamatan berkendara ini masih sangat minim.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, mulai dari mengantuk, mengemudi dalam keadaan mabuk, hingga lalai dalam mengemudi. Kesadaran masyarakat dan pemahaman tentang keselamatan berkendara ini masih sangat minim.

Agar Sahabat tetap aman dan nyaman saat berkendara, yuk ikuti tips di bawah ini!

Namun, bagaimana kalau kamu tidak ada uang atau sedang berhemat? Pasti kamu nggak mau dong kalau weekend hanya diam saja di rumah. Tenang, kamu masih bisa melakukan hal produktif di rumah. Bahkan hal produktif ini bisa menjadi ide kamu ke depan nantinya loh. Nah, coba deh lakukan hal-hal produktif berikut ini.

1. Performa Kendaraan

Periksalah performa kendaraanmu sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan mesin mobil, rem, dan lampu berfungsi dengan baik.

Sebelum kamu berangkat, ada baiknya jika kamu periksa oli mobil, kopling, air radiator, kabel, dan kondisi aki. Bila perlu, cek terlebih dahulu kondisi kendaraanmu di bengkel untuk persiapan sebelum perjalanan.

Kendaraan yang jarang di-service dapat menyebabkan performanya menurun, lho! Jadi, jangan malas untuk service kendaraan mu ya, Sahabat!

2. Cek Tekanan Ban

Cek tekanan ban secara berkala. Pastikan bahwa PSI sudah sesuai.

Tekanan ban umumnya berbeda 2-3 psi antara ban depan dengan belakang. Tekanan angin yang tepat akan menambah efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan sekitar 1-3%.

3. Selalu Menggunakan Sabuk Pengaman

Sebelum kamu mulai mengemudikan kendaraan, pakai dulu sabuk pengamannya, ya! Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, UULAJR (Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan Raya) Pasal 289 jo dan pasal 106 ayat 6 mewajibkan pengendara menggunakan sabuk pengaman ketika mengemudi. Daripada kena tilang, lebih baik pastikan kamu menggunakan sabuk pengaman ya, Sahabat.

4. Bahan Bakar

Periksalah bahan bakar kendaraanmu secara teratur. Apalagi kalau kamu akan memasuki jalan tol.
Pom bensin di jalan tol tidak tersedia banyak, lho. Kamu nggak mau kan mobilmu mogok di tengah jalan tol?

5. Kapasitas & Keselamatan Penumpang

Sebaiknya kamu tidak membawa penumpang melebihi kapasitas mobil mu ya, Sahabat. Perjalanan mu bisa terganggu karena tidak semua orang bisa duduk dengan nyaman.

Nah, kalau kamu membawa balita, sebaiknya gunakan car seat atau booster seat, ya! agar anak tetap merasa nyaman saat perjalanan.

6. Menyimpan Nomor-Nomor Darurat

Sebaiknya kamu juga menyimpan nomor-nomor darurat untuk kondisi yang tidak diharapkan seperti terjadinya kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kejahatan berat, maupun bencana alam, nomer-nomer ini akan berguna untuk kamu.

Berikut daftar nomor yang harus kamu catat di handphone mu:
1. Nomor Telepon Polisi untuk laporan terjadinya kecelakaan dan kejahatan : 110
2. Nomor Telepon Pemadam Kebakaran: 113 atau 1131
3. Nomor Telepon untuk memanggil Ambulan: 118 dan 119
4. Nomor Telepon untuk menghubungi badan SAR: 115
5. Nomor Telepon untuk menghubungi posko Bencana Alam: 129
6. Nomor Telepon untuk gangguan Listrik: 123 atau 021-123
7. Nomor Darurat Umum bila jaringan seluler terbatas: 112

7. Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas

Seringkali musibah kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena kelalaian si pengemudi. Oleh karena itu, jika kamu sudah merasa kelelahan dan mengantuk, usahakanlah untuk segera beristirahat. Memaksakan berkendara dengan kondisi badan yang lelah dan ngantuk dapat berakibat fatal, lho.

Penyebab lainnya terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah sikap yang terburu-buru. Hayo ngaku, siapa yang sering kebut-kebutan saat terburu-buru?

Banyak orang yang mengemudi atau mengendarai kendaraannya dengan mengebut, dengan harapan supaya cepat sampai ke tujuan. Hal ini tentunya sangat beresiko untuk kamu.

Jadi, selalu patuhi rambu lalu lintas agar perjalananmu tetap aman, karena keselamatan adalah hal yang utama. Ingat ya, keluargamu menunggu di rumah!

Stay Connected

Rekening Pembayaran

Bank BCA, No: 043.0683.004
Bank Permata, No: 804.0070.703
An. PT. Astra International, Tbk-Daihatsu
0017874
Hari ini : 43
Kemarin : 63
Bulan ini : 1162
Hits Hari ini : 77
Who's Online : 1

Slide Model

Model Terpopuler

SIGRA MC
10 Type
Dilihat: 2525x
NEW AYLA MC
11 Type
Dilihat: 1739x