Telp / SMS : 085260826149 / WhatsApp : 085260826149 muchsin.alichsan@gmail.com Jam Kerja : RAB 08.00 - 16.30 WIB :

Selain Jalan Berlubang, Ini Penyebab Lain Kecelakaan Lalu Lintas

Semenjak awal tahun 2018 hingga Agustus 2018, telah terjadi banyak kasus kecelakaan yang terjadi di wilayah kota Depok. Berdasarkan catatan unit Laka Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, sudah 184 orang telah menjadi korban kecelakaan lalu lintas di wilayah kota Depok. Jumlah tersebut merupakan angka yang diperoleh dari terjadinya kecelakaan untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Komisaris Polisi Sutomo mengatakan jika angka tersebut masih terbilang rendah. “Jika dilihat dalam sebulan itu ada 30 hari, lalu di rentang selama bulan Januari-Agustus itu ada 8 bulan, jika dikalikan maka hasilnya adalah 240. Hal ini menandakan bahwa dalam satu hari belum tentu terdapat satu kecelakaan. Untuk wilayah Depok angka tersebut masih terbilang rendah,” terang Sutomo, seperti dilansir laman Detik News, Kamis (13/9).

Dirinya juga menjelaskan jika faktor utama penyebab angka kecelakaan di wilayah kota Depok adalah tidak disiplinnya para pengendara lalu lintas ketika mengendarai kendaraannya, seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, menggunakan handphone ketika mengemudi, belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan, hingga berboncengan lebih dari satu penumpang.

Hal tesebut diamini oleh Kanit Laka Lantas Polresta Depok, Iptu Djoko Irwanto yang menyebutkan bahwa selain akibat dari kondisi jalan yang berlubang, faktor kedisiplinan para pengendara dalam berlalu lintas menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan.

“Selain jalan berlubang, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah faktor dari manusia itu sendiri, biasanya terjadi pada kecelakaan tunggal,” ucap Djoko.

Djoko juga menuturkan bahwa pengendara motor yang mengalami kecelakaan akibat jalan yang rusak hingga saat ini belum ada yang menyebabkan luka berat atau korban jiwa. Rata-rata korban hanya mengalami luka memar dan lecet saja di beberapa bagian tubuhnya.

Dengan pembangunan infrastruktur jalan yang baik, seperti separator serta jalan aspal yang telah diperbaiki mempunyai dampak yang cukup signifikan dengan menurunnya angka kecelakaan. “Untuk titik rawan yang terdapat di wilayah Depok terdapat di wilayah Margonda, Jalan Raya Bogor, Parung-Ciputat. Alhamdulillah semua wilayah tersebut angka kecelakaannya telah menurun,” terang Djoko lagi.

Berdasarkan catatan unit Laka Lantas Polresta Depok, angka kecelakaan yang terjadi sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2018, salah satu jalan utama yang terdapat di Depok, yaitu Jalan Margonda Raya telah terdapat 21 angka kecelakaan yang mengakibatkan 20 korban luka berat dan 13 korban luka ringan. Angka tersebut diperoleh berdasarkan laporan dari warga masyarakat yang diterima oleh pihak kepolisian.

“Kami mengharapkan agar seluruh masyarakat Depok dapat tertib berlalu lintas sehingga menurunkan tingkat kecelakaannya. Selain itu, bagi pemakai kendaraan diharapkan sesuai dengan umurnya. Hal ini selalu kami sampaikan dengan cara melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah di kota Depok,” ucap Djoko.

Stay Connected

Rekening Pembayaran

Bank BCA, No: 043.0683.004
Bank Permata, No: 804.0070.703
An. PT. Astra International, Tbk-Daihatsu
0019731
Hari ini : 19
Kemarin : 70
Bulan ini : 89
Hits Hari ini : 63
Who's Online : 2

Slide Model

Model Terpopuler

Sigra
10 Type
Dilihat: 2645x
New Ayla
11 Type
Dilihat: 1854x